Bagi seorang penulis atau blogger pasti pernah mengalami yang namanya writer's block. Ini adalah suatu penyakit atau virus berbahaya bagi seorang yang bergelut dengan pekerjaan menulis. Karena jika sudah berhadapan dengan penyakit yang satu ini cuma ada dua pilihan "Terima" atau "Tolak" (ini bukan jawaban buat kamu yang lagi ditembak sama pujaan hati Cieeee :D). 

Writer's Block
Close-up of female student typing on laptop at table - Freepik
Jika kita memilih "Terima" maka secara perlahan hancurlah kerajaan pena yang telah dibangun. Namun jika memilih "Tolak" maka saat itulah kesungguhan, niat, dan dedikasi kita sedang diuji. Karena ibarat berperang pasukan kita hanya tinggal sedikit dan berhasil mencapai benteng terakhir musuh yang dijaga ketat. Dan kita harus tetap maju untuk mengalahkan pasukan musuh dengan merobohkan benteng tersebut.

Nah kita harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk melawan yang namanya "Writer's Block" atau karya kita tak akan pernah selesai. Kan sayang jika sedang menulis novel eh malah berhadapan dengan si WB (writer's block) ini di bagian penciptaan konflik cerita. Atau saat kamu sampai di bab 4 skripsi yang kalau gak bisa dilanjutin maka terancam menjadi jomblo lebih lama lagi. he he he.

Sebenarnya saya sedang mengalami writer's block saat menulis artikel ini. Sudah beberapa draft postingan blog yang gak bisa selesai karena penyakit yang satu ini. Dan akhirnya saya bisa menyelesaikan artikel ini dan berhasil melawan si WB ini. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa jadi senjata untuk melawan Writer's Block.

Istirahat Sejenak


Ketika writer's block melanda istirahatlah sejenak, tinggalkan laptop lalu kerjakan kegiatan lain. Misalnya olahraga, membuat kopi, atau tidur untuk mengumpulkan energi kembali. Ingat otakpun perlu istirahat, ibarat mesin motor jika terus dipake menempuh jarak yang jauh maka akan panas dan jika dipaksa bisa turun mesin. Cobalah untuk tidur sejenak agar pikiran kembali segar ketika bangun dan ide-ide baru pun bermunculan di kepala. 

Jangan lupa kembali ke depan laptop ketika kamu sudah menemukan ide dan gagasan baru untuk melanjutkan tulisanmu. Karena jika tidak segera maka ide dan gagasan tersebut bisa saja menguap dari kepala kita karena tidak segera ditulis.

Pergi Jalan-Jalan Sebentar


Cara ini dilakukan oleh seorang penulis terkenal Indonesia yaitu Helvy Tiana Rosa ketika diserang writer's block. Penulis yang akrab disapa bunda Helvy ini akan pergi keluar rumah semisal ke mall atau taman untuk melepas penat. Atau pergi menonton film terbaru di bioskop dan melihat aktor ganteng yang ada di film tersebut untuk merangsang ide.

Memang dengan pergi keluar rumah atau jalan-jalan sebentar bisa merangsang ide dan gagasan baru. Karena kita akan melihat interaksi unik dari setiap orang yang bisa kita masukan kedalam tulisan. Semisal kita mentok saat menulis cerita yang berlatar di sebuah rumah sakit. Maka pergilah ke rumah sakit dan duduklah di ruang tunggu sembari mengamati kegiatan di sekitar. Interaksi di loket pendaftaran, keluarga pasien yang mengantri, perawat dan dokter yang lewat silih berganti membawa pasien, petugas security yang sigap membantu pengunjung yang siap sedia membantu, atau korban kecelakaan yang langsung dibawa ke ruangan IGD untuk mendapatkan penanganan dan banyak lagi yang lainnya. Dan semua itu bisa menjadi bahan dan ide untuk melanjutkan tulisan tersebut.

Ciptakan Tempat Menulis Yang Nyaman


Tempat menulis yang nyaman dapat membuat kita semakin enjoy dalam menulis dan membuat semangat, sehingga yang namanya writer's block bisa diminimalisir. Lalu seperti apa tempat menulis yang nyaman? Jawaban dari pertanyaan itu akan berbeda-beda dari setiap penulis tergantung selera dan kesukaannya. Ada yang nyaman menulis di dalam ruang belajar, di halaman belakang rumah bahkan ada yang sampai di atas atap rumah.

Misalkan kamu penggemar Star Wars maka settinglah tempat menulis kamu seperti dalam adegan film Star Wars. Bisa dengan menambahkan poster, pernak-pernik, stiker dan merchandise yang bernuansa Star Wars. Atau kalau mau yang ekstrim kamu bisa menghias ruangan menulismu dengan lukisan galaxy dengan karakter-karakter dalam Star Wars. Dan hal ini menciptakan effek kita sedang berada di luar angkasa ketika memasuki ruangan tersebut. Keren bukan dan pastinya kamu akan semangat menulis ditemani karakter-karakter Star Wars kesukaan kamu. 

Bacalah Buku


Membaca adalah vitamin untuk seorang penulis. Karena membaca adalah kegiatan wajib dari seorang penulis untuk mendapatkan ide dan mengasah teknik menulis. Membaca buku juga dapat menjadi alternatif untuk melawan writer's block sekaligus menambah kosa kata dan teknik menulis. Buku yang dibaca pun boleh buku apa saja. Saran saya sih baca buku yang berkaitan dengan tema tulisan yang sedang dikerjakan. Karena selain untuk riset dan mencari ide baru sekaligus bisa melepas penat dan melawan writer's block.

Lakukan Hal Gila


Nah beberapa poin di atas mungkin terdengar normal-normal saja dilakukan untuk melawan writer's block. Tapi poin yang ini sangat berbeda dan gak masuk akal dalam melawan writer's block (judulnya aja Gila :D). Banyak hal gila yang bisa kamu lakukan untuk melawan writer's block seperti, mengetik kata mentok berulang-ulang dalam dokumen Ms Word baru hingga ide muncul lagi dan biasanya setelah lebih dari satu halaman akan ada sedikit pencerahan yang bisa merangsang ide baru muncul. Tapi ingat jangan di copy paste ya. Kan peraturannya harus diketik bukan di copy paste he he he. 

Kamu juga bisa melakukan gerakan seperti yoga dimana kedua kaki di atas dan kepala dibawah. Bisa juga loncat dari lantai dua rumah ke kolam renang, mengajak ngobrol kucing atau hewan peliharaan dan masih banyak lagi hal-hal gila lainnya untuk melawan writer's block. 

Nah jika kamu punya hal gila dalam melawan writer's block kasih tahu di komentar ya. Siapa tahu ada yang terinspirasi oleh hal gila yang kamu lakukan untuk melawan writer's block. :)



Penulis: Jaenal Jalalludin (JAE)
Axact

Helviers | Helvy Tiana Rosa Friends

Adalah sebuah fanbase dari penulis, sastrawan, dan produser film Helvy Tiana Rosa

Post A Comment:

0 comments: